Sunday, January 27, 2019

Fakta-Fakta Di Balik Ramones

Siapa yang keberatan kalau ada yang mengatakan Ramones adalah salah satu penemu punk rock yang paling orisinal. Musik mereka cepat, dengan vokal datar yang nakal juga cemerlang pada saat bersamaan. 

Lewat akord gitar yang sederhana namun kompleks, Ramones telah memengaruhi ribuan band. Mereka menciptakan sound baru yang coba ditiru banyak orang, namun cuma sedikit yang berhasil.


Di atas panggung, mereka adalah senapan mesin yang menembakan musik ke para penggemarnya. Namun di belakang panggung, banyak banget drama yang terus menjadi-jadi selama bertahun-tahun. Yang bisa dipetik dari mereka adalah konsistensi alias istikomah!





Penampilan mereka di panggung nggak pernah berubah, begitu juga musiknya. Istikomah! Hal yang selalu sama adalah merekaselalu berantem satu sama lain, ya, tampol menampol adalah hal biasa dalam lingkaran band ini.


Ramones memulai pondasi mereka di sebuah klub musik, CBGB namanya, di New York City tepatnya. Meskipun tidak pernah memiliki kesuksesan komersial besar-besaran, pada tahun 2002, Ramones masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame. 

Meski keempat anggota asli mereka; Joey Ramone (vokal), Johnny Ramone (gitar), Dee Dee Ramone (bass) dan Tommy Ramone (drum) sudah meninggal dunia, namun warisan yang mereka tinggalkan masih aja jadi pengaruh utama bagi band rock yang sedang naik daun, baik dari segi musik, maupun attitude. 


Berikut adalah beberapa fakta yang harus kamu ketahui tentang salah satu pionir musik punk rock ini.

FIRST PUNK HALL OF FAMERS


Pada tahun 2002, Ramones masuk Rock and Roll Hall of Fame, setelahnya baru deh band punk lainnya, The Sex Pistols dan The Clash masuk. Apakah berada di Rock and Roll Hall of Fame memvalidasi karier mereka? 

Tentu saja tidak, itu juga tidak membuat Ramones lebih punk daripada band-band lain, tetapi mereka tetap jadi yang pertama! Ini juga bukan jadi fakta penting untuk digunakan jika kamu terlibat dalam diskusi "siapa pendiri musik punk?".

Mencatut Nama Paul McCartney

Nama Ramones berasal dari "Paul Ramon", nama palsu yang digunakan personel The Beatles, Paul McCartney, saat ia mau check in ke hotelnya, atau ingin ngumpet dari kejaran wartawan. Meski ini sudah banyak yang tahu, tetapi yang belum diketahui adalah bagaimana perasaan McCartney tentang hal itu. 

Gue kok yakin kalo dia agak tersanjung dan selalu membicarakannya dengan John Lennon. “Jadi John, apa band punk yang dinamai dari nama palsumu? Oh, belum ada tuh!

NGGAK ADA HUBUNGAN SAUDARA


Meskipun mereka saudara rock n 'roll, personel Ramones tidak memiliki hubungan keluarga sama sekali. Anggota asli semuanya dari lingkungan Forest Hills, dan semua berasal dari Queens, NYC. 

Tidak ada hubungan darah, yang ada hanya kecintaan yang sama dengan jaket kulit, gitar cepat, dan pemberontakan. Sebelum beralih ke vokal, awalnya Joey adalah drumer, dan Tommy adalah manajer band ini sebelum menjadi drumer. 


JEFF STARSHIP AND SNIPER


Sebelum Ramones, Joey Ramone dikenal dengan Jeff Starship di band glam bernama 'Sniper'. Band tersebut eksis dari tahun 1972-1974. Keren juga ya dua nama tersebut? 

Mana lebih cool, Jeff Starship atau band bernama Sniper? Yang jelas keduanya punya kemungkinan tak terbatas, meski band hippie keren Jefferson Airplane kelak jadi jelek setelah bertransformasi jadi Jefferson Starship. 

Untungnya Joey meninggalkan band itu untuk Ramones!

MASA KELAM DEE DEE



Pojok jalan 53rd and 3rd di Manhattan pada tahun 70an dikenal sebagai sarangnya gigolo. Diduga lagu “53rd and 3rd” bercerita tentang Dee Dee Ramone yang bekerja sebagai “male hustler” untuk membayar kebiasaannya make heroin. 

BAND YANG PALING BANYAK TUR


Selama lebih dari 22 tahun, Ramones telah melakukan 2.263 konser. Mereka tidak pernah berhenti tur, dan saat mereka beristirahat sejenak, hal-hal gila akan terjadi, contohnya seperti Joey Ramone yang menjadi day trader. 

Jelas ini adalah band yang seharusnya berada di jalan, tur sepanjang waktu. Pertanyaannya, apakah itu jaket kulit pernah dicuci? Gue pikir kita semua tahu jawabannya.

PENYAKIT JOEY RAMONE


Joey Ramone menderita sindrom Marfan, yang berhubungan dengan anggota tubuh yang memanjang. Penderita sindrom Marfan mengalami rabun jauh, itulah kenapa Joey selalu berkacamata untuk mengatasi gangguan penglihatan.

Dee Dee King



Setelah album Brain Drain 1989, Dee Dee keluar dari Ramones dan merilis album rap berjudul 'Standing in the Spotlight'. Dia tidak lagi membawa nama Dee Dee Ramone, dan 'menyamar' dengan nama Dee Dee King. 

Apakah itu album yang bagus? Tidak, tentu saja tidak. Mungkin setelah Beastie Boys memulai sebuah band punk yang akhirnya lebih dikenal sebagai rapper.

Saya kira jika kamu seorang Ramone, tidak sepatutnya melakukan rap. Itu harga mati!

JOHNNY DAN JOEY SALING MEMBENCI SAMPAI MATI!


Diketahui bahwa Joey Ramone dan Johnny Ramone saling membenci. Mereka berdua nggak saling bertegur sapa selama bertahun-tahun, meski masih menjalani tur. Keduanya punya pandangan politik yang sangat berbeda, Joey seorang liberal, dan Johnny yang konservatif.

Lebih parah lagi, Johnny akhirnya menikah dengan mantan pacar Joey. Ya, mungkin hal "menikahi mantan pacar" inilah yang bikin lebih lebih banyak kebencian daripada persoalan politik. hihihii....


Inspirasi di balik "BLITZKRIEG BOP"




Lagu "Blitzkrieg Bop" diilhami dari lagu "Saturday Night" milik Bay City Rollers. Lirik lagu ini mengandung aroma neo-Nazi yang agak gelap, tetapi diimbangi oleh sound jenius yang optimis. Ramones memang ingin membuat lagu dengan nyanyian keren yang cocok dengan “bubblegum” rock and roll. 

SOLO GITAR DENGAN SATU NOT SAJA


Salah satu lagu yang populer, "I Wanna Be Sedated" memamerkan kepiawaian Johnny Ramone memainkan melodi gitar alias gitar solo. Ia memainkan satu not sebanyak 65 kali. "that’s pretty punk rock and risky!".

Lagu ini tentang perjalanan udara dan ingin dibius saat melalui bandara, ke pesawat dan kemudian turun pesawat. Lagu ini juga jadi soundtrack terbaru Spiderman.

THE 2ND GREATEST BAND OF ALL TIME

Dalam daftar band rock and roll terbaik sepanjang masa versi majalah Spin, Ramones adalah kedua setelah The Beatles. Buat gue melangkahi dan mengalahkan Rolling Stones kayak ngeliat perampokan di jalan raya, rampoknya serem pulak, bah!

BIAYA REKAMAN MURAH



Album debut Ramones hanya mengeluarkan bajet $ 6.400 dan direkam dalam seminggu. Debut Ramones mungkin satu-satunya contoh rekaman yang memengaruhi banyak band daripada biaya. Irit, Murah, tapi jadi warisan dunia!

MERANGKUL GENERASI POP PUNK


Joey Ramone pernah mengatakan kalau dia adalah penggemar berat beberapa band dari generasi di bawahnya, termasuk Green Day dan The Offspring. Yang cukup menarik adalah bagaimana band-band ini tampaknya selalu berada dalam persaingan "pop punk". 

Green Day dipengaruhi Ramones dan The Clash, sementara The Offspring jelas dipengaruhi oleh band surf rock California serta Ramones. 

Tapi belum ada berita apakah Joey Ramone juga ngefans sama Blink 182, atau bisa jadi dia muntah setiap kali ada orang yang bertanya. wik wik..wik...

Udah ah, males lanjut ngetiknya, kalo ada yang mau nambahin, tulis di kolom komentar ya! Lagian nulis RAMONES kok panjang-panjang... 1234 kelar!

Lho, kemana cerita Ramone's lainnya, Marky, CJ, Richie? Tunggu di episode selanjutnya!





No comments:

Post a Comment

Featured