Monday, February 19, 2018

“CINTA DAN BENCANA” Komik Pertama Karya Geologist

Beberapa pekan lalu saya diundang pada peluncuran Komik 'Cinta dan Bencana'. Awalnya penulis komik ini, Andeskal Suryawan menghubungi saya lewat direct message di instagram. Lha, dia pikir saya ini komikus beneran apa ya? Hehehe.. akhirnya beliau saya ajak ketemuan di sebuah bar di kawasan Prawirotaman Yogyakarta, kebetulan saat itu saya diajak featuringan sama The Blue Train, band country, bluegrass yang baru saja ditinggal pergi vokalisnya. Saat itu saya kedatangan tamu, band dari Bali, The Catroll namanya. Semuanya saya ajak ketemuan di bar bernama Easy Goin’ Grill & Garden tersebut.
Untuk mensiasati agar Andes tidak mati gaya saat band sedang bermain, saya mengajak Mbronk Mbrink, komikus dan desainer grafis untuk Endank Soekamti. Jambronk (begitu panggilan akrabnya) juga sudah merilis dua buku komik Endank Soekamti, pasti mereka cocok ngobrolnya, pikir saya.
Perbincangan pun berlanjut, hingga akhirnya saya dan Jambronk dikirim draft komik sekian halaman tersebut. Setelah berkomunikasi via wassap dan email, akhirnya launching disepakati di sebuah tempat bernama Arcaf Cafe, 5 februari 2018. Saya, Jambronk, dan komikus fenomenal Kharisma Jati didaulat sebagai pembicara membahas komik tersebut.
'Cinta dan Bencana' adalah komik yang menarik. Disajikan dengan gaya campuran antara manga dan komik Amerika, komik ini bercerita tentang beberapa fakta peristiwa besar di Yogyakarta. Kita ketahui bahwa Yogyakarta adalah kota dengan sejarah yang besar dan dihuni oleh orang-orang yang kuat. Meski kerap ditimpa bencana alam; gunung meletus, gempa bumi, banjir, dan lainnya, warga Yogyakarta yang terbiasa bahu membahu semakin solid dan saling mengisi sesuai perannya masing-masing.


Jogja adalah melting pot, sebagai kota pelajar, banyak mahasiswa yang datang dari berbagai penjuru negeri untuk menimba ilmu di sini. Ketika bencana terjadi, mahasiswa dari berbagai jurusan segera menyingsingkan lengan baju, dan banyak dari mereka yang menjadi relawan bencana, tak terkecuali mahasiswa jurusan Geologi.

Di masa-masa mahasiswa, tentu saja peristiwa romansa sulit untuk dilewatkan. Masing-masing punya kisahnya sendiri yang bersifat personal. Komik 'Cinta dan Bencana' ini memuat  latar belakang narasi besar peristiwa bencana alam, melalui narasi kecil romansa mahasiwa jurusan Geologi.

'Cinta dan Bencana' merupakan komik pertama di Indonesia yang dibuat oleh geologist. Alasan penulis mengambil tema tentang kebencanaan dikarenakan menurut Andes selaku penulis, di kalangan mahasiswa/i teknik geologi, tema ini masih kalah populer dibandingkan tema – tema yang lain seperti industri pertambangan dan perminyakan. Bisa dikatakan komik ini perpaduan antara seni dan science (ilmu geologi) 


Andes mengambil latar waktu tahun 2006 untuk kejadian gempa bumi di Yogyakarta dan tahun 2010 untuk kejadian gunung merapi meletus di Yogyakarta. Lewat cerita, Andes juga memberikan pandangan kepada masyarakat luas, bagaimana kita harus mengenal perilaku alam tentunya lewat sudut pandang ilmu geologi.
Komik ini dibuat selama kurun waktu empat tahun dari proses brainstorming cerita hingga proses penggambaran dan pewarnaan. Andes berkolaborasi dengan seorang komikus Yogyakarta Wisnu Hendra Ramadhany sebagai illustrator.
Malam hari setelahperilisan komik ini, digelar live music yang dimeriahkan oleh Tiger Paw, Kiki & The Klan, dan band reggae Ina Roots. Andes sukses memprovokasi almamaternya di HMTG “BUMI” STTNas Yogyakarta untuk membantu menyelenggarakan perilisan komik ini hingga mengatur penjualannya.
Komik ini pun layak untuk dikoleksi, Selamat Menikmati! (*)
Yang berminat, hubungi langsung di akun instagram @anjingindie, atau ke 081227513751


No comments:

Post a Comment

Featured